IBM Gandeng Canonical, Kembangkan Ubuntu untuk LinuxONE & z System

Mainframe LinuxONE

IBM Gandeng Canonical, Kembangkan Ubuntu untuk LinuxONE & z System - IBM secara resmi telah mengumumkan bahwa pihaknya telah menggandeng Canonical untuk menghadirkan sistem operasi Ubuntu Linux versi khusus untuk komputer server LinuxONE dan z System, Tak hanya itu, momen kerjasama ini juga dibarengi dengan peluncuran dua mainframe server terbaru IBM yang menjalankan sistem operasi Linux.

Sebelumnya, IBM dan Canonical ini sudah menjalin kerjasama, tetapi kini diperpanjang dan dipererat lagi. Canonical akan mengembangkan sistem operasi Ubuntu Linux khusus untuk mainframe LinuxONE dan z System. Sedangkan IBM akan berkontribusi pada komunitas Linux dengan memberikan kode sumber server mainframe.

IBM sendiri sebenarnya sudah memiliki pengalaman yang cukup panjang dengan Linux. Perusahaan yang kerap dijuluki sebagai BigBlue ini telah menggunakan OS Linux untuk jajaran server dan mainframe andalannya sejak 15 tahun yang lalu. Perusahaan ini juga memiliki kontribusi yang tak sedikit pada komunitas sistem operasi open-source yang pertama kali dikembangkan oleh Linux Tordvalds.

“IBM akan memungkinkan open source dan alat-alat industri dan software termasuk Apache Spark, Node.js, MongoDB, MariaDB, PostgreSQL dan Chef di z System untuk menyediakan klien dengan pilihan dan fleksibilitas untuk penyebaran hybrid cloud SUSE. Yang menyediakan distribusi Linux untuk mainframe, sekarang akan mendukung KVM, memberikan klien pilihan hypervisor baru.”

“Canonical dan IBM juga mengumumkan rencana untuk membuat distribusi Ubuntu untuk LinuxONE dan z System. Kolaborasi dengan Canonical membawa Ubuntu scale-out dan keahlian cloud untuk IBM z System platform, serta memperluas jangkauan dan dukungan,” keterangan resmi yang dilansir dari Softpedia (17/08/2015).

Ubuntu sendiri saat ini merupakan salah satu distribusi Linux yang paling populer saat ini di kalangan pengguna desktop atau pengguna awam. Bahkan, kini Ubuntu mulai ramai diadopsi dilingkungan pemerintahan untuk menggantikan Windows.

Source: sidomi.com.
Powered by Blogger.